SILOKALIKU.COM

.:Berita Terbaru .:Blogging .:SEO .:Bisnis .:Teknologi .:Travelling .:Olahraga .:Tips Dan Trik

Pengenalan Bisnis Online

Pengenalan Bisnis OnlineEntah anda karyawan, mahasiswa, atau pebisnis lokal kecil, anda BISA meng-online kan bisnis konvensional yang anda miliki untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung, order, dan memperbesar kesempatan anda untuk membesarkan bisnis yang anda miliki. Dan kebanyakan upaya peng-online-an usaha bisnis anda ini bisa anda lakukan dengan gratis dengan bantuan situs besar seperti Facebook, Blogger, maupun Multiply.

Pengenalan Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online

Pengenalan Bisnis Online
Tak peduli anda pemula atau bukan dengan komputer dan internet, anda bisa membuat bisnis online anda.

Pertama, miliki produk atau apapun yang ingin anda tawarkan (niat anda baca post ini untuk meng-online-kan bisnis anda, 'kan? Jadi saya asumsikan anda sudah punya produk anda sendiri).
Produk anda bisa berupa apapun, baju korea, peralatan ternak lele, jasa pembuatan skripsi, mebel jepara, baju muslim, batik madura, atau apapun.

Kedua, jadikan produk anda tersebut BISA dibeli secara online, melalui internet.
Yang agak teknis adalah yang langkah ke dua ini....
Anda perlu membuat online shop atau situs atau apapun untuk meletakkan produk anda sehingga bisa dibaca, dilihat, dan dibeli oleh orang lain melalui internet.

Bisakah Saya Membuat Bisnis Online Gratis Tanpa Modal Sama Sekali?

Jawabannya BISA.
Tapi demi kebaikan anda, saya sarankan anda untuk tidak menggunakan cara gratisan ini karena meski anda merasa lebih murah di awal, namun sebenarnya anda menghabiskan lebih banyak uang karena akan sangat menghabiskan waktu anda.

Waktu yang sebenarnya bisa anda habiskan untuk melakukan promosi bagi situs anda sehingga mendapatkan lebih banyak pengunjung malah jadi harus dihabiskan untuk memperbaiki situs anda, menambahkan gambar, memperbaiki tampilan, dan lain-lain. Belum lagi toko online gratisan tidak memiliki fitur sebagus atau secanggih toko online premium yang dibuat dengan WordPress di hosting anda sendiri.

Pengenalan Bisnis Online
Dan tampilan toko online gratisan kurang bisa anda atur semau anda. Belum lagi nama domain anda yang jadi harus ada embel-embel blogspot atau multiply-nya, menjadikan toko online anda lebih sulit untuk dipercaya.
Coba bandingkan nama toko online ini:
  • ManetBoutique.com dengan ManetButique.Blogspot.com
  • KoleksiMuslim.com dengan KoleksiMuslim.Blogspot.com
  • BatikMadura.com dengan BatikMadura.Multiply.com
Ugh... selain panjang dan sulit diingat, juga tidak memberikan kesan keren. Sementara yang akhiran .Com terlihat beberapa kali lipat lebih profesional.

Bagi anda yang tetap ngeyel, saya akan tetap berikan penjelasan tentang cara bisnis online shop (bisnis online menggunakan toko online) dengan bantuan Facebook, Multiply, dan Blogspot -- sebentar lagi di bawah ini.
Dan bagi anda yang merupakan pembaca cerdas saya yang tidak ngeyel, dan tahu bahwa berinvestasi di bisnis anda adalah hal baik untuk diri sendiri, dan punya mindset yang bagus dengan tahu bahwa kerugian dalam bisnis adalah hal yang biasa dan wajar...

Cara Bisnis Online di Facebook

Ada beberapa cara yang saya tahu dan biasa digunakan oleh orang lain untuk menjadikan Facebook sebagai tempat untuk berbisnis online (entah itu untuk promosi atau sebagai toko online).

Cara Berbisnis Online di Facebook #1 - Facebook FanPage

Yups, yang anda lakukan adalah anda membuat Facebook fanpage atas produk atau website atau jasa anda, kemudian anda mempromosikannya entah itu di blog anda, di situs anda, menggunakan Facebook ads, mengajak teman anda untuk LIKE, menyelenggarakan kontes (hanya yang LIKE yang boleh ikut), dan lain-lain.

Kemudian secara berkala anda update status di Fan Page anda yang intinya mengingatkan para fans anda bahwa anda punya produk untuk mereka beli (plus jangan lupa bangun interaksi dengan mereka agar mereka tidak bosan).

Untuk anda yang memiliki online shop baju, anda bisa update model terbaru dari baju anda yang baru saja anda tambahkan di toko online ke Facebook page anda. Sertakan juga harga dan cara untuk menghubungi sehingga jika ada yang tertarik dengan produk anda, mereka bisa langsung pesan tanpa harus mengunjungi situs anda!

Cara #2 Berbisnis Online di Facebook - Online Shop Apps

cara bisnis online cart picture
Meski Facebook page udah berubah wajah menjadi Timeline, anda tetap bisa bikin online shop (toko online) langsung di halaman Facebook anda.
Saya belum ada tutorial tentang hal ini, tapi dari pencarian singkat di Google saya yakin anda pasti bisa menemukan satu tutorial yang cocok untuk anda.
Salah satu apps yang mengijinkan kita bikin online shop di Facebook yang saya tahu adalah dengan apps Fanpage Toolkit.
Anda bisa sign up free untuk satu toko online, dan apps ini support hingga 10 produk. Proses pembayaran menggunakan kartu kredit.
Saya yakin ada alternatif lain yang lebih cocok untuk pasar Indonesia yang lebih suka membayar dengan transfer antar rekening bank, tapi itu bakal saya bahas lain kali ketika saya ada waktu.

Cara Bisnis Online dengan Blogger

Jika anda suka menulis, ada cara untuk mendapatkan uang dari blog yang anda miliki.
Bukan model bisnis yang baik, sangat menghabiskan banyak waktu, tapi hal ini akan membuat anda belajar banyak hal tentang cara mempromosikan situs anda.

Kesimpulan Post Cara Bisnis Online Kita Kali ini...

Memulai bisnis online anda sendiri itu mudah.
Plus anda sekarang sudah paham gambaran tentang bagaimana cara bisnis online (meng-online-kan bisnis yang anda punya) itu.

Dan yang baru saja saya jabarkan adalah cara bisnis online gratis, yang benar-benar tanpa modal besar, dan yang anda perlukan untuk memilikinya hanyalah kemauan untuk membuatnya (plus domain dan hosting jika anda ingin yang profesional). Investasi yang sangat murah sekali untuk kesuksesan bisnis online anda, apapun itu.

Silahkan baca juga menarik lainnya di silokaliku

4 comments

mksh kang ilmunya tentang Pengenalan Bisnis Online ini sangat bermanfaat sekali.

sama-sama kang semoga brmanfaat :2thumbup

wahh mantap gan tutorialnya ane jugadan mulai bisnis online nhh, salam kenal broo visit back,,www.jamalcyber.com

semoga lancar seperti yang diharapkan mas bisnis onlinenya,, :)

terimakasih atas kunjungannya

Back To Top