SILOKALIKU.COM

.:Berita Terbaru .:Blogging .:SEO .:Bisnis .:Teknologi .:Travelling .:Olahraga .:Tips Dan Trik

Cara Membuat GPS Tracker Sederhana

Cara Membuat GPS Tracker Sederhana. GPS Tracker adalah sebuah alat pelacakan yang menggunakan tekhnologi canggih (tekhnologi masa kini) dengan mengandalkan server dan satelit tentunya.Karena kalau tidak berhubungan dengan satelit bukan GPS namanya.Lalu bisakah kita membuat GPS Tracker sendiri?
Jawabannya tentu saja bisa,semua hal dan segala sesuatu itu bisa kita lakukan asalkan ada niat,kemauan dan ketekunan.Dan kali ini saya akan berbagi tips cara membuat GPS tracker sederhana saja,kenapa sederhana,yah biar tidak terlalu memakan biaya terlalu besar,hehe

Cara Membuat GPS Tracker Sederhana


GPS tracker ( Global Positioning System ) merupakan suatu alat atau tekhnologi yang memungkinkan kita untuk mengetahui letak koordinat suatu lokasi di permukaan bumi yang berdasarkan informasi yang di dapat dengan kecanggihan satelit.
Dan GPS Tracker merupakan suatu system pelacakan posisi obyek bergerak pada titik koordinat permukaan bumi,dengan memanfaatkan tekhnologi GPS,GSM dan GPRS.Dan untuk membuat GPS ini sebenarnya sangat murah untuk biaya pembuatan modulnya,namun yang lumayan menguras mungkin untuk sebuah servernya,hehe


Bahan Untuk Pembuatan GPS Tracker Sederhana


Buat bahan atau komponen yang diperlukan untuk membuat GPS Tracker sederhana yang pertama adalah sebagai berikut :

  1. PCB single layer atau bisa juga menggunakan Project Board dulu untuk sebuah uji coba menyusun skematics pola design GPS Tracker.Dan tentunya PCB adalah bahan utama yang harus di sediakan.
  2. Karena module atau kit ini menggunakan sim card,maka bahan yang diperlikan adalah sebuah tempat SIM CARD,dan yang saya sarankan adalah sim card buat hanphone yang biasanya handphone-hanphone jadul jaman dulu,karena akan memudahkan untuk pemasangan dan system solderingnya nanti.
  3. Conector,Antena GPS,antena GSM ,dan RF cable
  4. IC ATMEGA 128 dengan jenis IC TQFP 64 PIN.Dan untuk pengisian program data pada IC ATMEGA bisa hubungi saya bila berminat,he
  5. Crystal 11.0592 MHz,yang berfungsi sebagai pengatur frekuensi.Capacitor 22pf jenis chip/SMD dengan size 1206 sebanyak 2 pcs.
  6. Resistor 4K7 jenis SMD/Chip dengan size 1206 sebanyak 5 pcs
  7. Capacitor 100nF SMD dengan size 1206 sebanyak 1 pcs
  8. Relays 12 Volt dengan kaki 5 pin
  9. Transistor NPN S9013 sebanyak 3 pcs
  10. Resistor 4K7 1/4 watt sebanyak 4pcs
  11. LED dengan ukuran 5mm,tergantung anda mau dengan warna apa saja boleh sebanyak 5 pcs.
  12. Resistor SMD 100 Ohm size 1206 sebanyak 4 pcs
  13. Terminal blok 2 pin dan terminal blok 3 pin masing-masing 1 pcs
  14. Diode 1N5007 ,LM2576ADJ ,1N5822 ,lilitan 100uh ,Resistor gelang 2K2 1/4 watt, resistor 1K 1/4 watt ,Capacitor 470uf 50 volt ,masing-masing 1 pcs
  15. Regulator LM7805 
  16. Capacitor 1000uf 16V sebanyak 3 pcs
  17. Switch on/of kecil 2 pin 1 pcs
  18. Header pin 1 x 5 pin dan spacer 5 mm 4 pcs untuk penahan module nantinya di box.
  19. yang terakhir tentunya box nya dengan ukuran PCB yang akan anda buat,bisa di cari dimana aja,tergantung selera.
Dan dengan bahan-bahan yang saya sebutkan di atas,apa saja fitur-fitur yang akan di terapakan dalam module GPS tracker sederhana ini !!


FITUR-FITUR DALAM GPS INI

  • Yang pertama dapat melacak atau mengetahui posisi kendaraan,melalui peta 
  • Google Maps bisa di get dan direset dari semua nomor.
  • Yang kedua fitur dalam GPS ini,dapat mematikan kendaraan dari jarak jauh,dengan menggunakan alat ponsel atau hanphone yang sudah direset dengan alat GPS nya.
  • Yang ketiga kalau dapat mematikan dari jarak jauh,tentunya dapat menhidupkan juga dari jarak jauh,dengan menggunakan alat handphone yang sudah direset juga.
  • Memberikan pemberitahuan atau sinyal alarm lewat sms,jika seandainya kendaraan kita yang sudah dipasang alat GPS ini ada yang memakai atau dalam tanda "maling".
  • Dan semua kendali dari fitur atau alat ini dipegang oleh kita,tanpa ada campur tangan dari server lain atau sipembuat server.

Berikut adalah contoh skema dari fitur ini


Cara Membuat GPS Tracker Sederhana


Untuk pemasangan IC atmega 128 nya saya sarankan pasang saja di bagian belakang PCB,untuk menghemat ruang,biar nanti modulnya tidak terlalu besar,kan kalu kecil simpel masangnya juga.


MANFAAT DENGAN MEMASANG GPS TRACKER


Apa saja "manfaat dari memasang GPS Tracker" ini?
Tentu saja banyak manfaatnya,dengan memasang GPS Tracker,anda bisa dengan mudah melakukan pelacakan bila mana kendaraan anda sedang dipakai oleh teman anda,atau bahkan kendaraan anda dicuri oleh pelaku kejahatan.
  • Meningkatkan keamanan terhadap resiko pencurian kendaraan ataupun muatan,termasuk peringatan melalui sms apabila kendaraan melewati batasan wilayah ataupun jalur yang telah ditetapkan oleh kita kepada si peminjam kendaraan kita.
  • Memaksimalkan kegiatan mobilitas anda sehingga meningkatkan produktivitas juga.
  • Bisa melakukan pengawasan terhadap SDM yang mengoperasikan kendaraan.
  • Mempermudah koordinasi antara kendaraan dan sipemilik
Untuk artikel menarik lain, silahkan buka bunglonstia.blogspot.co.id
Baca juga Cara Reset Blackberry Biar Tidak Lemot

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin belajar membuat GPS tracker sederhana.


7 comments

kira2 habis berapa dalam pembuatan gps sederhana itu mas?

This comment has been removed by the author.

kalau untuk pembuatan hardware nya ga sampai 700 rb mas.Soalnya saya dulu pernah produksi juga dengan relasi dari Joya GPS,dan bazet nya sekitar segituan mas.

wah boleh juga tuhh kang di coba,,

Apakah bisa bantu produksi dalam jumlah besar?

Kalau bisa silakan email ke bernamaxim@gmail.com untuk pembahasan lebih lanjut.

Thanks.

informasi yang sangat bermanfaat. group bisnis saya sudah mencoba produksi secara masal dalam jumlah besar, mampir juga di http://gps.uwiebe.com ya

min bisa jelasin dengan video??
supaya lebih paham..makasii

terimakasih atas kunjungannya

Back To Top