SILOKALIKU.COM

.:Berita Terbaru .:Blogging .:SEO .:Bisnis .:Teknologi .:Travelling .:Olahraga .:Tips Dan Trik

Arti Pemahaman Dan Hak Mengembangkan Diri

Tahukan anda tentang Arti Pemahaman Dan Hak Mengembangkan Diri ?
Dalam kehidupan bersosial ataupun bermasyarakat kita semua pasti memiliki sebuah pemahaman,dan dalam segi pemahaman anda pun pasti memiliki inisiatif hak dalam pengembangan diri atau pribadi kita.Pemahaman dari setiap seseorang pastilah berbeda beda tak terkeculai pemahaman admin dalam mengembangan diri dalam bersosialisme.Dan kedua poin itu pastilah wajib di miliki oleh semua orang.Pemahaman ataupun Hak mengembangkan diri dapat didefinisikan dalam lingkup hal yang berbeda-beda,mungkin tentang definisi berbeda sering anda temukan dalam sebuah materi pembelajaran.

Arti Pemahaman Dan Hak Mengembangkan Diri


PEMAHAMAN


Pemahaman dalam arti singkat mungkin bisa diartikan sebagai kata paham atau memahami dalam arti kata seseorang itu memahami benar.Pemahaman dapat kita artikan sebagai sikap paham,mengerti,mengetahui tentang hal banyak,mengetahui atau mempelajari tentang hal kedepan.

Pemahaman jika dalam sebuah imbuhan me-i maka akan menjadi memahami yang berarti mengerti benar (akan) sesuatu,mengetahui benar (akan) sesuatu. Dan jika pemahaman dalam sebuah imbuhan pe-an maka akan menjadi pemahaman yang artinya proses,perbuatan,cara memahami atau memahamkan akan sesuatu.Sehingga sebuah pemahaman dalam dua definisi dapat diartikan sebagai suatu proses dalam mempelajari sesuatu (hal) dengan secara benar supaya mengerti dan mendapat pengetahuan banyak.



PEMAHAMAN MENURUT W.S.WINKEL



Pemahaman mencakup sebuah kemampuan untuk menangkap sebuah makna dan arti dalam sebuah bahan yang dipelajari .W.S Winkel mengambil sebuah taksonomi Bloom,yaitu suatu taksonomi yang dikembangkan untuk mengklasifikasikan tujuan instruksional.Bloom dibagi dalam 3 kategori yaitu merupakan salah satu bagian dari aspek kognitif,karena dalam definisi kognitif tersebut terdapat aspek.

pengetahuan,pemahaman,penerapan,analisis dan sebuah evakuasi.Dalam definisi aspek tersebut di bidang kognitif ini merupakan hireaki kesukaran dalam tingkat berfikir mulai dari tahap rendah sampai dengan tahap tertinggi.



PEMAHAMAN MENURUT NANA SUDJANA



Menurutnya dinyatakan bahwa pemahaman dapat di evaluasikan kedalam tiga categories yaitu

  1. Tingkat terendah adalah pemahaman terjemahan,mulai dari menerjemahkan dalam arti yang sebenarnya,mengartikan dan menerapkan sebuah prinsip-prinsip.
  2. Tingkat kedua adalah pemahaman dalam penafsiran yaitu upaya menghubungkan bagian-bagian terendah dengan yang diketahui selanjutnya dan menghubungkan beberapa grafik dengan sebuah kejadian,membedakan yang pokok dan yang tidak pokok.
  3. Tingkat ketiga merupakan tingkat pemaknaan extrapolasi,memiliki pemahaman tingkat extrapolasi berarti seseorang itu mampu melihat dibalik yang tertulis,dapat membuat estimasi,prediksi berdasarkan pada pengertian dan kondisi yang diterangkan dalam ide-ide  atau simbol,serta kemampuan membuat kesimpulan yang dihubungkan dengan implikasi dan konsekuensi.


PEMAHAMAN MENURUT SUKE SILVERSIUS


Dia menyatakan bahwa pemahaman dapat dijabarkan menjadi tiga hal yaitu: menerjemahkan (translation) > menginterprestasi (interpretation) > mengektrapolasi (extrapolation),ia menuntut dalam pemahaman memiliki sebiuah intelektual yang tinggi.

Baca juga Gerakan Ubah Fokus Pendidikan


HAK MENGEMBANGKAN DIRI



Hak mengembangkan diri adalah hak setiap orang atas segala pemenuhan kebutuhan pada dasarnya untuk tumbuh dan dan berkembang secara layak,dalam segala hal misalkan hak dalam memperoleh pendidikan,hak mencerdaskan diri,hak meningkatkan kualitas hidup yang layak.

Dan untuk hak pengembangan diri ini bisa di kaitkan dalam beberapa bidang,misalkan hak pengembangan diri dalam pekerjaan kita,seperti mendapatkan tempat yang layak,mendapatkan hak untuk bisa berexplorisasi,dan lainya. Dan dalam hak mengembangkan diri ini bisa diartikan sebuah hak pengembangan yang bisa menuntut kita untuk bisa berubah,mau berubah,harus berubah.

Pada dasarnya dalam pengembangan diri dalam semua orang pasti berbeda-beda,ada yang cepat dan ada yang lambat,itu dikarenakan kemampuan seseorang tidak sama,karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan dalam mengembangkan diri.

Yang perlu diperhatikan dalam pengembangan diri adalah :
  • Memiliki integritas diri ( sikap yang melekat pada diri kita yang mampu bekerja secara utuh,tak terpecah secara lahir dan batin,kata dan perbuatan,prinsip dan tindakan,cita-cita dan kenyataan).
  • Memiliki kedisiplinan,disiplin dalam memotivasi diri untuk prinsip-prinsip hidup yang diyakini dan di pegang oleh kita.
  • Memiliki kegigihan dan motivasi untuk melihat kedepan,dengan kata lain tidak pernah menyerah dan terus berusaha.
  • Memiliki Etika kerja,yaitu pemikiran yang mendalam mulai dari sebab sampai alasan yang terakhir mengenai lingkup,seluk beluk,makna,tujuan, manfaat dan cara melaksanakan dalam sebuah pekerjaan yang dapat membuat kita mendapatkan hak untuk sebuah pengembangan diri
Baca juga artikel lainnya Cara Cerdik Menjaga Sebuah Rahasia



terimakasih atas kunjungannya

Back To Top