SILOKALIKU.COM

.:Berita Terbaru .:Blogging .:SEO .:Bisnis .:Teknologi .:Travelling .:Olahraga .:Tips Dan Trik

Teori Kimia Atom Menurut John Dalton

Teori Kimia Atom Menurut John Dalton - Atom merupakan unit dasar dari semua benda yang terdiri dari Nukleus (Inti Atom) dan dikelilingi oleh molekul awan elektron yang bermuatan negatif.Sementara itu inti Atom terdiri atas proton bermuatan positif dan neutron yang netral (kecuali pada atom hidrogen yang tidak terdapat neutron).Atom juga terdiri atas 3 partikel dasar diantaranya : 


teori Kimia Atom menurut John Dalton

  • Proton atau sering disebut dengan partikel bermuatan positif (+1) yang diameternya hanya 1/3 diameter sebuah elektron,namun proton memiliki massa sekitar 1840 kali massa elektron.
  • Elektron,merupakan partikel bermuatan negatif (-1) yang memiliki massa paling ringan sekitar 1/1840 kali masa proton ataupun neutron.
  • Dan yang ketiga adalah neutron yang merupakan partikel tidak bermuatan atau netral,memiliki massa yang kira-kira sama dengan gabungan massa proton dan elektron.


Dan berikut adalah Teori Atom Menurut John Dalton :

Kalau bicara tentang atom rasanya untuk yang satu ini dari segi teori sampai saat ini masih terus berkembang dan tidak sedikit pula para ahli atau ilmuan yang berbagi pendapat tentang atom,karena rasa penasaran para ilmuan banyak yang menyatakan teori-teorinya dan saya akan menguraikan tentang teori Atom menurut nama yang sudah dikenal dan tidak asing lagi "John Dalton".


TEORI TENTANG ATOM MENURUT JOHN DALTON


Pada sekitar tahun 1808,seorang ilmuan atau ahli kimia bernama John Dalton mengemukakan pendapatnya tentang unsur atom yang dipublikasikan dalam "A New System Of Chemycal Philosophy" .Berdasarkan atas penelitian dan hasil perbandingannya,Teori Atom Dalton di dasarkan pada dua hukum,yaitu hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts).Pernyataan lavoisier bahwa massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan hasil massa total zat-zat setelah reaksi.Sedangkan untuk pernyataan prouts bahwa perbandingan unsur-unsur dalam suatu senyawa akan selalu tetap.

Dengan pernyataan dari Lavoisier dan Prouts,John Dalton mengemukakan pernyataan pendapatnya tentang Atom.

  • Yang pertama John dalton menyatakan bahwa Atom merupakan unsur bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi-bagi.atau unsur dari partikel-partikel yang tidak dapat di pisahkan.
  • Menurut John Dalton,Atom di gambarkan sebagai bola pejal yang teramat sangat kecil.
  • Atom dari unsur yang sama memiliki sifat yang sama,sedangkan atom yang terdiri dari unsur yang berbeda dinyatakan oleh John Dalton memiliki massa dan sifat yang berbeda.
  • Atom dari unsur yang berbeda dapat digabungkan satu sama lain dalam rasio tertentu untuk membentuk sebuah senyawa.
  • Atom dapat bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana.
  • Reaksi kimia merupakan suatu pemisahaan ,penggabungan atau sebuah penyusunan kembali dari Atom-atom,dan menurut Dalton atom tidak dapat diciptakan ataupun dipisahkan.
Dan itulah penjelasan tentang Teori Kimia Atom menurut ahli kimia dan meteorologi berkebangsaan inggris John Dalton.

Baca juga Gerakan Ubah Fokus Pendidikan

terimakasih atas kunjungannya

Back To Top